Jumat, 09 Januari 2009

superman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Superman
Penerbit DC Comics
Perdana Action Comics #1 (Juni 1938)
Pencipta Jerry Siegel
Joe Shuster
Karakteristik
Alter ego Kal-El, di adopsi Clark Joseph Kent
Team
affiliations
The Daily Planet

Justice League Legion of Super-Heroes

Team Superman
Alias Gangbuster, Nightwing, Jordan Elliot, Supernova, Superboy, Superman Prime
Kemampuan Kekuatan manusia super, kecepatan, stamina, daya tahan, panca indra yang hebat, kecerdasan, regenerasi, berumur panjang, nafas super, penglihatan panas, penglihatan x-ray, dan tebang

Superman, juga dikenal sebagai Manusia Baja (The Man of Steel), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari DC Comics.

Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis AS Jerry Siegel pada 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam Action Comics #1 (Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial radio, acara televisi, film, surat kabar, komik, novel, dan permainan video. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan genre superhero dan membuat keunggulan didalam buku komik Amerika.


Asal-usul

Seperti diceritakan dalam Action Comics #1, Superman lahir di planet Krypton dengan nama Kal-El, dan ketika masih bayi diluncurkan dengan roket ke Bumi oleh ayahnya, Jor-El, sesaat sebelum planet itu hancur. Roket kemudian mendarat di Bumi, di sebuah ladang, yang ditemukan oleh pasangan Kent, Jonathan Kent dan Martha Kent, yang kemudian mengadopsinya dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang anak yang sedang tumbuh, ia menemukan bahwa ia menguasai kekuatan yang jauh diatas manusia biasa dan menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain. Untuk menyembunyikan rahasia identitasnya saat tidak sedang berhadapan dengan penjahat sebagai seorang Superman, ia hidup sebagai Clark Kent, manusia biasa yang berwatak halus, seorang reporter The Daily Star (kemudian berganti nama menjadi The Daily Planet). Clark bekerja bersama reporter Lois Lane, dan terlibat kisah asmara dengannya, dan diceritakan menikah dalam lanjutan kisah komiknya.

Julukan

Beberapa julukan yaitu "The Man of Steel" (yang paling terkenal), "The Man Of Tomorrow", "The Last Son of Krypton", dan "Krypton's Favorite Son". Ia juga adalah pemimpin dari Justice League of America.

Seri-seri Superman

Komik dengan peran Superman sendiri tidaklah sesukses pada awal-awal kemunculannya. Superman lalu bergabung pada kelompok JLA sebagai pemimpinnya dan menjadi sebuah komik tersendiri. Dilain pihak Superman melakukan Cross-Over dengan jagoan dari DC lainnya seperti Superman vs Batman dan lain sebagainya.

Kematian Superman (The Death of Superman)

Superman yang menjadi pemimpin Justice League of America tidak lepas dari masalah intern seperti masalah kedisiplinan para anggotanya. Dan juga jatidiri super hero lainnya di mata para penduduk.[rujukan?]

Setelah berhasil menolong mahluk dari bawah tanah, Superman yang telah selesai dengan tugasnya memutuskan untuk menuju ke studio untuk mengikuti wawancara sebuah televisi swasta. Dalam wawancara itu dibeberkan beberapa hal umum seperti masalah kedisiplinan anggota JLA. Sebelum menyelesaikan wawancara, sebuah panggilan datang dan Superman terbang untuk menyelamatkan dunia.

Panggilan itu berasal dari para anggota JLA yang menghadapi monster bernama Doomday. Sekuat apapun para JLA berusaha menghentikan tetapi tak satuppun berhasil. Hal yang lebih mengejutkan, gabungan serangan yang mereka lakukan tidak berefek padanya. Bahkan menghancurkan alat Limiter miliknya. Alat yang berguna mengurangi kekuatan si monster.

JLA termasuk Superman yang turut membantu tak berhasil menghentikan. Doomday berjalan dengan tenangnya menuju kota. Dengan kekuatan terakhir, Superman mengejarnya dan berusaha mengalahkan Doomday sebelum timbul banyak korban.

Pertarungan berlangsung seru hingga Superman mengetahui kelemahannya dia berada di tanduk seputar badannya. Dengan sekuat tenaga dia berkelahi dengan dibantu oleh pasukan khusus terbang. Super-girl yang berusaha menahan harus jatuh dan terluka parah.

Doomsday berhasil dikalahkan dengan dibayar mahal, Superman meninggal. Meninggal di pangkuan kekasih yang dicintainya.

Dunia tanpa Superman (The World Without Superman)

Kisah ini adalah jembatan antara kematiannya dan kembalinya sang manusia super. Disini diceritakan betapa menderitanya Louis kehilangan Clark, JLA yang merasa berhutang budi pada Superman dan melakukan pekerjaan Superman yaitu menjadi santa claus di hari natal.

Beberapa malah berusaha mencurinya dan kemudian dikembalikan. Lex Luthor yang menjadi tokoh jahat dalam komik malah tidak di angkat dengan jelas pada kesedihannya akan kehilangan seorang figur yang harus dikalahkan.

Kisah ini di akhiri dengan hilangnya Superman? Tetapi dari yang terlihat tidak ada yang menculiknya tetapi Superman sendiri yang bangkit?

Kembalinya Superman (The Return of Superman)

Superman yang hilang pada kisah sebelumnya mendadak muncul kembali tetapi dalam bentuk berbeda. Dia memakai kacamata merah dan sangat kasar. Louis merasa bahwa dia memang Superman tetapi nadanya sangat berbeda.

Sementara itu muncul Superman lainnya yang menunjukkan bahwa dia adalah sang Superman karena dia Clone dari sang pahlawan. Superman ini tidak mau dipanggil sebagai Superboy.

Superman lain berbentuk seperti manusia besi atau dipanggil Man of Steel. Berbeda dengan para Superman lainnya, Man of Steel lebih mirip seperti Superman pada jiwanya. Jiwa penolong dan mau rela bertanggung jawab.

Sementara itu Superman terakhir adalah superman yang tubuhnya hampir seluruhnya adalah robot. Forensik dan penelitian menunjukkan kemungkinan besar tubuhnya adalah berasal dari superman.

Tapi dibalik itu semua. Sesosok mahluk misterius menuju ke arah Bumi. Sementara itu dari kutub utara, seseorang memasuki robot dan berjalan menuju Metropolis.


Smallville

Berkat kepopuleran superman yang manjamah seluruh dunia, Warner Bros tertarik untuk membuat film seri yang mengisahkan masa kecil superman. Berkerjasama dengan beberapa produser terkenal, mereka membuat film seri smallville yang dimulai pada tahun 2001 lalu.

Diluar dugaan, ternyata film smallville ini menarik perhatian seluruh penggemar superman. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan orang-orang yang sebelumnya tidak begitu menyukai superman berbalik sangat menyukai superman. Hingga sekarang, smallville telah menerbitkan 7 season dan lebih dari 170 episode.

Para Pemeran Utama Smallville: Clark Kent : Tom Welling Lana Lang : Kristin Kreuk Lex Luthor : Michael Rosenbaum Chloe Sullivan : Allison Mack Lois Lane : Erica Durance Jonathan Kent : John Schneider Martha Kent : Arnette O’toole Lionel Luthor : John Glover Jimmy Olsen : Aaron Ashmore Kara Zor-El (supergirl) : Laura Vandervoort


Filmografi

Sejauh ini telah terbit 6 Film Superman. Pemeran superman yang paling terkenal ialah Christoper Reeve. Yang memerankan superman 1 sampai dengan superman 3.Sedangkan Film Superman IV diperankan oleh Kirk Alyn dan film Superman V diperankan oleh George Reeves.

Film terbaru superman berjudul “Superman Return” diperankan oleh Brandon Routh. Film ini terbit pada tahun 2006. Merupakan film lanjutan dari film Superman II. Yang berarti meniadakan film superman III sampai dengan superman V.

Pada cerita ini mengisahkan kembalinya supeman ke metropolis setelah 6 tahun menghilang secara misterius setelah pertarungannya dengan musuh kryptonnya, Jendral Zod (dalam bahasa inggris bernama General Zod). Kembalinya superman setelah mengecek orang-orang krypton lainnya yang berhasil selamat menemukan titik buntu. Tidak ada satupun manusia krypton yang selamat selain dirinya.

Sementara hilangnya superman, metropolis telah belajar untuk hidup tanpa superman. Dan yang lebih mengejutkan, Lois Lane (Kate Bosworth) telah memiliki anak dan telah bertunangan dengan seorang laki-laki yang juga bekerja di daily planet. Sementara itu, musuh superman di film ini adalah musuh bebuyutannya, Lex Luthor (Kevin Spacey). Lex berhasil sampai di Fortress of Solitude dan mencuri beberapa kristal dari Fortress of Solitude.

Rencana utama Lex ialah menciptakan benua baru dan menenggelamkan benua amerika. Inti dasar pulau itu terdiri dari kristal krypton dan kryptonite hijau. Tetapi Rencana itu tercium oleh superman yang sedang mencari Lois Lane dan anaknya, Jason yang diculik oleh Lex Luthor. Pada akhirnya, benua Lex Luthor berhasil di buang superman ke luar angkasa sebelum berhasil menenggelamkan benua Amerika. Di akhir cerita di beritahukan bahwa Jason, anak dari Lois Lane sebenarnya adalah anak hasil hubungannya dengan Superman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar